Wednesday, April 20, 2011

Desain Kemasan Produk

Jika kita perhatikan dalam lingkup ruang hidup kita, kita tak lepas dari yang namanya komoditi dan kebanyakan yang komoditi tersebut berupa sebuah produk nyata. Nah semuanya menyerang kita dengan segenap daya magnetnya yang bisa menghipnotis dompet kita. Nah biasanya yang pertama kali kita nilai adalah bungkus luarnya, nah inilah yang akan kita bincangkan sekarang yaitu desain kemasan produk. Hal ini sangat penting dari segi pengusaha atau produsen, mengingat persaingan semakin ketat.

Dalam ilmu design produk atau kemasan produk ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar produk kita punya daya saing di pasaran :
  • Eye catching ; dimana pengertian praktisnya adalah menarik untuk dilihat bisa diusahakan kombinasi dari bentuk dan design grafisnya.
  • ergonomis ; pengertian praktisnya adalah enak jika di gunakan.
  • Informatif ; artinya informasi yang menempel pada produk jelas dan pastinya menggunakan design ilustrasi semenarik mungkin;
  • Highlight ; artinya tonjolkan informasi berdasarkan urutan prioritas dari segi konsumen misalnya diskon harga, keunggulan produk dan informasi yang dianggap penting lainnya
Mungkin empat faktor itu yang harus dihadirkan agar produk kita mempunyai daya saing. Memang industri besar dan pemasok pemasok besar punya konsultan khusus atau divisi khusus yang menangani hal tersebut diatas, jadi tidak banyak kesulitan untuk menerapkannya.

Contoh design kemsan yang beredar :


Beda halnya dengan industri kecil dan pemasok pemasok kecil biasanya mereka tidak intens memberi perhatian pada hal design produk dan kemasannya, padahal jika dikaji lebih lanjut hal tersbut merupakan hal penting agar industri kecil pun atau pemasok kecilpun mempunyai resolusi pemasaran yang baik dalam menjual produknya.

Nah mungkin pembahasan di blog ini di peruntukkan untuk pemain pemain kecil tersebut, kami akan sangat senang jika bahasan kita dapat membuka wawasan para pelaku ukm, walaupun mungkin tidak secara detail.

Disini timbul permasalahan lagi atau timbul pertanyaan yang besar, "memang kami ingin menerapkan design produk dan kemasan agar produk kita punya daya saing, tapi kemana saya harus mewujudkan hal tersebut ?", begitu mungkin pertanyaan dari sebagian pelau ukm.

Ok mungkin saya bisa share sedikit tips-tips nya :
  • Sebenernya banyak orang yang punya kemampuan design tapi lebih spesial ke yang bukan ranah mengenai produk tapi lebih ke visual. Ngga papa coba tanyakan pada mereka apakah bisa bantu ? saya yakin kebanyakan mereka mau bantu.
  • Biasanya jika suda terlibat pembicaraan dan kenal ya mereka bisa bantu dan kemukakan kesanggupan anda membayar dengan negosiasi yang menekan tapi baik.
  • Jangan minta buru buru sebab biasanya mereka butuh waktu dan ruang yang banyak untuk karya terbaik mereka.
  • Anda bisa temui designer designer tersebut di kota anda atau di dunia maya usahakan ketemunya diluar jam kerja.
Kayaknya cukup sekian dulu ya bapak/ibu pelaku ukm yang terhormat. Mohon komentarnya jika ada yang kurang berkenan mohon maaf namanya juga sharing aja. Anda bisa menghubungi penulis juga untuk jasa design grafis murah bahkan gratis tapi jika saya ada waktu. Silahakan email saja ke teguhsabariman@gmail.com kami akan beritahukan kesanggupan kami.

0 komentar:

Post a Comment

Related Links

Labels

COMPUTER TECH (39) BLOGGING (25) NEWS (25) photoshop (24) telebit (15) INTERNET BUSINESS (10) desain grafis (5) otomotif (4) CELLULAR (3) ENTERTAINMENT (3) coreldraw (3) digital cameras (3) ipad wifi + 3g apple (3) ramnit (3) recycler (3) OUR PRODUCT (2) PRIVAT MURAH (2) bandung (2) core i7 (2) corel (2) internet tv (2) kuliner (2) pc tablet (2) seo (2) DLL (1) HAPE BANDUNG (1) Nokia 808 PureView (1) Pentax Optio WG-1 (1) SCIENCE (1) VOCER (1) alif (1) amazon (1) anak-anak (1) android (1) aneh (1) bandung kaligrafi (1) bandung raya (1) barack obama (1) blogbuzz (1) buah-buahan (1) bugar (1) buy online (1) cara meningkatkan trafik dengan mudah (1) convert to pdf (1) delicious food (1) design grafis (1) design graphis (1) façons d'augmenter les visiteurs du blog de la circulation (1) google sandbox (1) graphic desain (1) hacker (1) honda suzuki (1) hotel bandung (1) hp (1) icrease traffic (1) iklan gratis tanpa daftar (1) jokowi dan banjir (1) jujur (1) kaligrafi (1) kaligrafi modern (1) kopling (1) koruptor (1) lepas kunci (1) like fan page (1) like this (1) lubang terbesar di bumi (1) lukisan bagus (1) make money (1) mid (1) modi per aumentare i visitatori del blog di traffico (1) monetize (1) motor (1) motor bebek (1) nasi goreng (1) notebook (1) online and dollar (1) pakai supir (1) parenting (1) paypal (1) pejabat korup (1) per kolpling (1) ping script (1) plesetan (1) ptc (1) rental mobil murah (1) rental mpbil bandung (1) sality (1) sayuran (1) security for wireless (1) seeking for job (1) sehat (1) sms banking bri (1) sms gratis (1) spongebob (1) survey dapet duit (1) traffict (1) twitter icon animasi burung terbang (1) umur panjang (1) vcd to mp3 (1) velocity micro t301 (1) virus (1) widget (1) yamaha (1)

Bisnis Jabar